News

Asal Usul Mesin Jahit

2 March 2016

Dahulu kala manusia menggunakan tulang serta otot-otot hewan untuk menjahit pakaian. Namun seiring dengan kemajuan jaman dikenal lah jarum logam untuk menjahit pada abad ke 14.

Pada tahun 1755, Charles Weisenthal, Seorang imigram Jerman yang tinggal di Inggris, untuk pertama kalinya mematenkan jarumnya yang dirancang untuk sebuah mesin. Thomas Saint, seorang pengrajin lemari asal Inggris, ialah penemu mesin jahit yang ia buat untuk pertama kali di tahun 1790. Namun mesin temuannya tidak dapat beroprerasi setelah diproduksi.

Selain itu Balthasar Krems juga mengesankan dunia dengan mencoba merancang  pada tahun 1810. Sama seperti penemua sebelumnya mesin jahit ini pun tidak berfungsi dengan baik. Beberapa pendahulu yang mencoba membuat mesin jahit yaitu John Knowles dan John Adams Doge asal Amerika tahun 1818. Mesin yang dibuat mereka pun gagal pada saat percobaan.

 

Barthelemy Thimonier pada tahun 1830 akhirnya menemukan mesin jahit yang bisa digunakan. Mesin jahit ini menggunakan satu benang dan sebuah jarum kait seperti jarum bordir atau sulam. Temuan ini tidak mendapat sambutan yang baik di masyarakat karena membuat para penjahit menjadi tersaingi dan mengakibatkan banyaknya pengangguran.

Puncak penemuan mesin jahit terjadi di Amerika Serikat yang ditemukan oleh Elias Howe.
Mesin buatannya menggunakan dua benang dari arah berlawanan dan memiliki jarum berlubang untuk benang di bagian ujung. Konon Elias Howe mendapatkan inspirasi mengenai bentuk jarum yang digunakan pada mesin jahitnya lewat sebuah mimpi. Dalam mimpinya Elias Howe di tombak menggunakan sebuah bamboo dengan mata pisau yang menginspirasi jarum mesin jahit buiatannya.

Elias Howe mendapat masalah saat akan mematenkan hak ciptanya dengan Isaac Singer. Beliau berjuang selama 5 tahun untuk mendapatkan hak paten. Perang paten sendiri pecah ketika Isaac Singer menemukan mekanisme naik turun pada mesin jahit dan Allen Wilson mengembangkan alat kait pemintal berputar. Keberhasilannya membuat Elias Howe memperoleh pendapatan tahunan lebih dari 200.000 dolar AS per tahunnya.