News

PELATIHAN JAHIT BINTUNI- PAPUA BARAT DI C59

20 July 2015

PT Caladi Lima Sembilan (C59) Kota Bandung bekerja sama dengan PT. British Petroleum Indonesia, Pemkab Teluk Bintuni dan Perkumpulan Untuk Peningkatan Usaha Kecil (PUPUK) untuk mengadakan pelatihan jahit yang bertajuk “Juara Jahit Bintuni- Papua Barat”. Sebanyak 20 orang warga Teluk Bintuni mengikuti pelatihan yang dilakukan selama satu bulan lebih. Kegiatan tersebut bertujuan untuk memberdayakan warga serta diharapkan mampu mendorong masyarakat setempat meningkatkan ekonomi daerah melalui industri konveksi dan tekstil. Pelatihan dimulai dari tanggal 1 Juni 2015 sampai dengan 13 Juli 2015 di C59 Factory Jalan Cigadung Raya Timur No. 107 Bandung.

Para peserta diperkenalkan dengan segala aspek usaha pembuatan pakaian, mulai dari produksi sampai dengan pakaian jadi, termasuk pengenalan terhadap berbagai jenis mesin jahit dan teknologinya. Mereka belajar tentang teori dan praktek pembuatan pola dan optimalisasi hasil produksi. Setiap minggunya juga para peserta mendapatkan pembekalan materi mengenai entrepreuneur dari owner C59, Marius Widyarto Wiwied. Disela-sela hari pelatihan, para peserta diajak untuk jalan-jalan berkeliling Kota Bandung dan melakukan kegiatan outbond.

Mas Wiwied sapaan akrab Marius Widyarto owner C59 mengatakan, pelatihan yang diberikan perusahaan yang dipimpinnya dilakukan dengan totalitas. Sekalipun pelatihan ini dilakukan hanya 1,5 bulan, C59  akan terus memberikan pendampingan dengan mengirim supervisor sablon dan marketing kami kesana agar usaha mereka berjalan. Karena, nantinya mereka akan mendirikan badan usaha serupa di tempat asalnya, Bintuni Papua Barat. Sekalipun, warga asal Papua ini nantinya akan memiliki produk bisnis yang sama, tapi dirinya sama sekali tak merasa takut tersaingi. Justru dengan adanya usaha yang digarap warga binaannya tersebut akan membuka ruang baginya untuk memperkenalkan produk kaos C59 bagi warga Papua.

Acara pelatihan yang diselenggarakan di C59 ini bertajuk “Juara Jahit Bintuni- Papua Barat” ditutup dengan sajian fashion show oleh para peserta pelatihan dengan menggunakan pakaian kreasi dan jahitan hasil sendiri. Acara penutupan dihadiri oleh perwakilan dari PT. British Petroleum Indonesia serta Pemkab Teluk Bintuni dan Perkumpulan Untuk Peningkatan Usaha Kecil (PUPUK).