News

Sejarah Poloshirt

17 February 2016

Polo shirt atau yang lebih dikenal dengan baju berkerah ini merupakan jenis baju yang bisa dipakai oleh semua kalangan. Dahulu baju kerah ini hanya digunakan untuk berolahraga, namun dengan kemajuan zaman kaos polo ini bisa digunakan dalam berbagai kesempatan.

Kata polo berasal dari nama sebuah olahraga beregu yang menggunakan kuda sebagai kendaraan dan menggunakan palu panjang yang digunakan untuk memukul bola putih untuk mencetak gol. Pada saat itu para pemain olahraga polo ini menggunakan pakaian kemeja yang memiliki lengan panjang serta kerah pada bagian lehenya yang terbuat dari bahan Oxford-cloth. Kemeja dengan kerah tersebut menjadi ciri khas kaos polo. Pemain polo asal Argentina dengan seorang pedagang kelontongan memproduksi kaos berkerah ini dengan tambahan border logo pemain polo pada bagian dada pada setiap kaos yang diproduksinya.

Setelah itu ada Ralph Lauren yang juga memproduksi kaos kerah ini dan juga menambahkan logo pemain polo pada pakaian yang ia produksi, dari situlah istilah kaos polo atau polo shirt kemudian tersebar luas dan menjadi ciri utama kaos berkerah. Kaos ipolo ini pun menjadi trend di dunia olahraga, seperti tennis. Rene Lacoste seorang juara salah satu kejuaraan tennis bergengsi di Inggris mengenalkan poloshirt sebagai pakaian yang lebih nyamana untuk digunakan olahraga tennis. Dia merancang kaos “petit pique”, yaitu pakaian berwarna putih dengan lengan pendek, berkancing, kantung kecil serta kerah panjang. Kaos ini dibuat dengan bahan yang nyaman dan memudahkan pemakainya untuk bergerak. Kaos ini pun diberi logo buaya pada bagian dada kiri sebagai identitas dirinya yang disebut “The Alligator”.

Pada tahun 1940 Fred Perry, salah seorang pemain tennis ternama sepanjang sejarah bersama dengan pemain football asal Australia Tibby Wegner bekerjasama memproduksi kaos berkerah ini dan mendulang kesuksesan menjadi salah satu ikon fashion poloshirt.

Saat ini poloshirt bukan hanya digunakan untuk olahraga saja. Poloshirt dapat digunakan untk berbagai kesempatan dan semua kalangan. C59 sebagai salah satu perusahan konveksi di Kota Bandung juga memproduksi kaos poloshirt dengan berbagai warna. Kunjungi store C59 di Jl. Merak no. 2 Bandung dan Jl. Cigadung Raya Timur No. 107 Bandung. Selamat berbelanja!!!