News

TRADISI NGABUBURIT 90an

20 June 2017

Ngabuburit adalah suatu tradisi dimana waktu tersebut dihabiskan selama menunggu waktu magrib tiba. Berbagai kegiatan bisa kita lakukan selama ngabuburit diantaranya berkumpul bersama keluarga, bersama teman atau melakukan kegiatan-kegiatan seru lainnya. Berikut ini adalah beberapa kegiatan yang banyak dilakukan oleh anak-anak 90an pada saat ngabuburit.

  1. Pesantren Kilat

Kegiatan ini memang tidak hanya dilakukan pada angkatan 90an saja, sampai saat ini pun masih banyak yang melakukan hal tersebut. Kegiatan pesantren kilat biasanya diadakan oleh sekolah yang menjadi salah satu kegiatan selama bulan puasa.

  1. Bermain Di Lapangan

Pada tahun 90an, masih banyak terdapat lapangan ataupun sekedar halaman rumah warga yang berukuran luas. Disini anak-anak biasanya menghabiskan waktu menunggu buka puasa dengan melakukan aktivitas permainan. Permainan yang biasanya dilakukan adalah kelereng, tap jongkok, meriam bambu, enggrang, bakiak dll.

  1. Mengisi Agenda Ramadhan

Buku ini berisi kolom-kolom kosong yang nantinya akan kita isi sendiri dengan kegiatan-kegiatan selama bulan puasa  Mulai dari jadwal sholat 5 waktu, sampai mendengarkan ceramah di masjid. Buku tersebut dikumpulkan setelah lebaran dan akan menambah nilai tersendiri untuk mata pelajaran agama

  1. Mendengarkan Ceramah

Kegiatan selanjutnya adalah mendengarkan ceramah, baik itu di masjid ataupun di TV. Kegiatan ini terkadang rutin kita lakukan terlebih lagi ada tugas dari sekolah yang mengharuskan murid-murid untuk mendengarkan ceramah yang nantikan akan dibuat ringkasan di buku agenda Ramadhan. Tidak lupa juga untuk meminta tanda tangan penceramah jika ceramah tersebut didengarkan di masjid atau musholah.                       

  1. Menonton Sinetron Spesial Ramadhan

Sinetron pada jaman 90an lebih berkualitas dibandingkan dengan sinetron sekarang. Sinetron yang ditunggu pada saat Ramadhan yaitu Lorong Waktu  dan Kiamat Sudah Dekat. Sinetron ini menyampaikan nilai serta ilmu yang bermanfaat bagi yang menontonnya. Sinetron ini juga menemani kita saat menjelang berbuka dan saat sahur.

  1. Membuat Permainan Atau Kerajinan Tangan

Menunggu berbuka puasa, biasanya melakukan hal yang disenangi akan membuat waktu berjalan dengan cepat jadi tak terasa sudah magrib saja. Dengan membuat permainan sendiri ataupun kerajinan tangan kita akan terus serius berkutat dengan hal tersebut. Biasanya permainan yang dibuat adalah permainan yang terbuat dari bahan-bahan alam atau bahan-bahan yang sudah tidak terpakai seperti membuat mobil-mobilan dengan pelepah pisang atau membuat mobil-mobilan dengan botol bekas.

 

Gambar dan artikel : Dari berbagai sumber