News

Tradisi Valentine di Berbagai Negara

14 February 2016

Hari Kasih Sayang atau lebih dikenal dengan sebutan Valentine’s Day adalah satu hari yang spesial bagi manusia di berbagai belahan dunia. Hari yang jatuh pada tanggal 14 Februari setiap tahunnya ini menyimpan berbagai tradisi seperti memberikan cokelat dan bunga serta menghabiskan waktu bersama pasangan, keluarga, atau teman. Perayaan Valentine di berbagai belahan dunia memiliki tradisi yang berbeda- beda.

 

Di Jepang, hari valentine merupakan ajang para wanita untuk memberikan coklat pada pria. Hal ini sudah menjadi kewajiban bagi para warga Jepang. Coklat bisa diberikan untuk orang terdekat keluarga, sahabat, atau pasangan. Biasanya coklat yang diberikan merupakan coklat buatan sendiri. Berbeda dengan kebiasaan di Negara lainnya, di Jepang ada dua perayaan valentine yang biasa disebut “White Day” atau yang biasa disebut hari putih yang jatuh pada tanggal 14 Maret. Pada hari putih ini, pria yang mendapatkan coklat diwajibkan untuk membalas memberikan sesuatu kepada wanita yang memberinya coklat.

Di Denmark, Hari Valentine dikenal dengan nama Gaekkebkrev. Perayaan hari valentine di Denmark tidak jauh berbeda dengan perayaan di negara lain. Namun yang membedakan adalah tradisi tukar menukar kartu yang disebut Lover’s Card yang diberikan pria pada wanita yang disukainya.

Di Korea Selatan, Tradisi di negara gingseng ini tidak jauh berbeda dengan tradisi di negeri Jepang. Para wanita memberikan coklat dan bunga untuk pria yang disukainya. Pada jaman dahulu sebagai balasannya pada tanggal 14 Maret, para pria memberikan marsmallow atau permen. Namun sekarang para pria membalasnya dengan memberikan barang- barang mewah. Perbadaan dengan negara Jepang, di Korea Selatan masih ada satu hari lagi yang diperingati sebagai Hari Valentine yaitu tanggal 14 April sebagai “Black Day”. Pada hari ini, bagi orang yang tidak mempunyai pasangan merupakan ajang untuk kumpul bersama teman untuk sekedar minum kopi dan menikmati makanan khas korea Jjajang-myeon, yaitu mie dengan bumbu berwarna hitam.

Di Slovenia, Perayaan hari kasih sayang di Slovenia dilakukan dengan cara yang cukup unik. Para penduduk setempat percaya dan mengatakan bahwa Valentine adalah hari dimana St. Valentine membawa kunci untuk pertumbuhan suatu akar. Sehingga pada hari tersebut diyakini sebagai awalnya pertumbuhan suatu tanaman pohon dan bunga. Penduduk Slovenia banyak yang mencoba untuk memulai usaha baru atau pekerjaan, bahkan tidak sedikit yang memulai rumah tangga baru pada hari itu.

Di Perancis, para wanita dan pria biasanya berkumpul dalam sebuah rumah. Para pria akan mencari wanita yang menurutnya cocok. Jika si pria menemukan ketidakcocokan pada wanita yang awalnya dipilih, maka ia dapat meninggalkannya dan beralih kepada wanita yang lainnya.
Pada akhir acara tersebut, para wanita yang merasa kecewa akan berkumpul di sekitar api unggun dan mereka mulai membakar foto pria yang mengecewakannya tersebut.

Di Finlandia, hari Valentine disebut juga dengan Ystavanpaiva atau yang berarti dengan hari teman. Berbeda dengan kebanyakan negara yang menganggap hari ini merupakan hari yang romantis. Di Finlandia pada hari ini digunakan untuk mengirim kartu dan hadiah kepada teman-teman dekat. Jadi pada hari ini perayaan jatuh bukan hanya kepada orang-orang terkasih saja.

Di Jerman, ada tradisi bagi pria muda dan kekasihnya untuk saling menunjukkan kasih sayang mereka dengan mengirim bunga pada Hari Valentine. Biasanya juga disertai kartu berisi kata-kata indah. Para pria Jerman juga memberikan bunga mawar, cokelat dan lain-lainnya sebagai hadiah Valentine untuk istrinya.

 

Bagaimana dengan kamu? Apa rencana untuk hari Valentine ini?

Tetap berbagi Kasih sayang untuk orang terkasih dimana pun dan kapan pun. Happy Valentine’s Day :)

Di Bulan yang penuh kasih ini, C59 berbagi kasih dengan memberikan promo khusus bulan Februari “Buy 1 Get 1 Free”.

Kunjungi Offline Store C59 di Jalan Merak No.2 Bandung dan Jalan Cigadung Raya Timur No. 107 Bandung.