Salah satu jenis fashion item yang tidak pernah ketinggalan zaman dan tampaknya akan terus menjadi item yang klasik dalam dunia fashion adalah t-shirt. Pakaian yang sering diidentikkan dengan suasana kasual ini cocok dipakai siapa pun, wanita atau pun pria, tua, maupun muda, anak-anak, dan terutama remaja. Salah satu brand kaos yang paling legendaris di Indonesia adalah kaos C59 yang lahir dari kreatifitas dan semangat untuk bekerja keras Bapak Marius Widyarto atau yang akrab dipanggil Pak Wiwied.
Pak Wiwied yang sejak masa kecilnya menyukai kegiatan prakarya ini memulai bisnis raksasa ini dari rumahnya di Gang Caladi 59, sehingga bisnis clothing yang dirintisnya diberi nama konveksi C59. Bisnis yang dirintis di tahun 1980 ini bermodalkan hasil penjualan kado pernikahannya bersama sang istri Maria Goreti Murniati sebesar Rp. 2.500.000,-. Jatuh bangun merintis bisnis telah beliau rasakan yang diawali dari order kanan kiri yang diburunya sendiri. Selain itu Pak Wiwied dan istri juga turut serta terjun langsung dalam desain, pemilihan bahan, pemotongan, penjahitan, penyablonan, sampai finishing.
Buah kerja kerasnya selama bertahun-tahun dalam merintis usaha kaos sablon C59 adalah 600 gerai yang tersebar di kota-kota besar seluruh Indonesia dan bahkan telah merambah hingga ke mancanegara dengan varian produk fashion yang semakin bertambah. Saat ini brand t shirt dari Bandung ini telah membuka 60 outlet yang tersebar di berbagai negara Eropa Timur seperti Polandia, Ceko, Slowakia, juga di USA, Australia, Inggris, Prancis, dan Jerman. Sementara untuk pasar Asia sendiri, merk t-shirt ini telah menjual produknya ke negara-negara tetangga seperti Malaysia, Singapura, dan Brunei Darussalam.
Keunggulan kaos C59 dibandingkan produk sejenisnya
Kesuksesan brand t-shirt ini hingga bisnisnya menggurita sampai ke mancanegara tentu karena produk yang bersangkutan memiliki beberapa kelebihan dibandingkan produk kompetitor. Keunggulan tersebut antara lain.
– Rancangan yang berkembang dan selalu trendy
Tak hanya jumlah varian fashionnya yang semakin bertambah, produk ini banyak diminati karena desainnya yang selalu trendy atau up to date. Hal ini dikarenakan produk ini pada awalnya membidik anak muda yang selalu ingin tampil unik dan tak ketinggalan zaman untuk meningkatkan rasa percaya diri.
-Kualitas bahan
Kaos atau varian fashion item keluaran dari industri garmen ini hanya menggunakan bahan-bahan pilihan dengan mutu terbaik. Bahan kaos yang dipilih akan sangat nyaman bagi pemakainya, awet, tak mudah luntur, dan menyerap keringat. Hal ini sangat sesuai untuk iklim Indonesia yang lembab terutama di musim kemarau. Jadi dapat disimpulkan bahwa mutu adalah faktor yang diutamakan dalam industri ini.
-Tema dan rancangan
Tema yang diusung pada setiap rancangan kaos yang dibuat oleh C59 sangat unik dan berbeda dibandingkan brand yang lain. Dapat dikatakan bahwa produsen membawakan identitas dirinya pada produk yang diluncurkannya. Sang pemilik mengatakan bahwa salah satu kunci suksesnya adalah pada aktifitas mencari ide rancangan kaos yang tidak akan pernah selesai. Kekuatan produk kaos yang dibuatnya terletak pada rancangan terutama melihat bahwa trend fashion bisa berganti dalam waktu singkat.
Pada setiap rancangan kaos yang terpilih, harus dipresentasikan terlebih dahulu untuk mendapatkan persetujuan dari semua pihak. Setelah itu baru dilakukan berbagai proses lanjutan, seperti pencarian bahan, pemilihan warna, metode cetak, dan lain sebagainya. Melihat proses panjang ini tak mengherankan bila kaos C59 sukses merajai bisnis kaos di tanah air.